Bookmark Profile Translate Mode
Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Perbedaan motoGP dan Superbike | Best sound Superbike

Perbedaan motoGP dan Superbike | Best sound Superbike
Maih ingat sirkuit Mandalika tahun lalu?
Sini kita upas lagi Sirkuit mandalika menjadi ajang balap roda dua paling bergengsi di dunia yaitu MotoGP dan Superbike.
Tapi apakah kamu tau sebenarnya Superbike dan motoGP itu beda tapi sama   masih banyak dari kita yang belum tahu perbedaan dari kedua ajang tersebut.

Sebelum ke perbedaannya yuk silahkan dengar kan suara dari motor motor sport tersebut dalam Cuplikan Video Berikut ini
Video Part 1
Berikut adalah perbedaannya:  Motor Walaupun sekilas motor yang digunakan di MotoGP dan Superbike terlihat mirip, tetapi motor yang digunakan pada kejuaraan MotoGP adalah motor yang tidak diproduksi masal, berbeda dengan motor yang digunakan di kejuaraan Superbike. Hal ini disebabkan tujuan awal dirancang motor MotoGP adalah untuk balapan, sedangkan motor yang dipakai di Superbike adalah motor yang diproduksi massal untuk dijual umum di pasaran.

Yuhi sudah mulai ketemukan perbedaannya  akan tetapi Walaupun motor Superbike dijual bebas tetapi modifikasi tetap boleh dilakukan agar dapat digunakan untuk balapan.
Perbedaan selanjutnya dilihat dari mesin . Mesin Untuk spesifikasi mesin yang digunakan pada MotoGP dan Superbike juga berbeda. Pada MotoGP menggunakan mesin berkapasitas 1000 cc dengan konfigurasi 4 silinder inline atau V4. Sedangkan pada motor Superbike menggunakan mesin berkapasitas 800 cc sampai 1200 cc dengan konfigurasi mesin 2 silinder atau 750 cc sampai 1000 cc dengan konfigurasi mesin 4 silinder.
Selanjutnya adalah Chassis Chassis yang digunakan pada motor MotoGP dan Superbike juga berbeda. Karena tujuan motor Superbike adalah untuk dipasarkan, maka chassis yang digunakan pada motor Superbike adalah chassis standar yang sesuai dengan standar pabrik.
Video Part 2

Namun sedangkan pada MotoGP menggunakan chassis berteknologi tinggi dengan material terbaik seperti serat karbon dan titanium agar dapat menghasilkan kecepatan yang lebih baik.
Berikut nya adalah Berat Motor Motor yang digunakan untuk balap MotoGP dan Superbike memiliki berat minimum yang harus dipenuhi, dimana untuk MotoGP adalah 157 kg sedangkan Superbike adalah 168 kg.

Berikut perbedaan lainnya adalah Komponen Elektronik Penggunaan sistem elektronik seperti ECU pada MotoGP haruslah standar dan sama untuk tiap kendaraan. Hal ini dilakukan agar persaingan tetap adil. Sedangkan pada motor Superbike dapat menggunakan ECU dan software yang berbeda asalkan anggaran masih tersedia.  Anggaran Biaya yang digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP lebih besar dibandingkan dengan Superbike.
Mengapa Demikian.... Hal ini karena tim diberikan kebebasan untuk mengalokasikan anggaran untuk berbagai keperluan. Hasilnya motor di ajang MotoGP memiliki teknologi yang lebih canggih serta konstruksi dan material yang terbaik. Sedangkan tim Superbike memiliki anggaran yang terbatas sehingga pengembangan motornya tidak sebebas MotoGP. Walaupun memiliki banyak perbedaan, ajang balap MotoGP dan Superbike sama-sama diatur oleh Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports
Nah sekarang udah paham kan berbedaan nya
NANTIKAN KONTEN MENARIK LAINNYA
MOTOR SPORT
Join the conversation
Post a Comment