Bookmark Profile Translate Mode
Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Jenis jenis kopling pada sepeda motor

Jenis jenis kopling pada sepeda motor
Kopling Manual
Kopling manual atau bisa disebut juga dengan kopling mekanis karena bekerja secarc mekanik yaitu lewat bantuan handel kopling yang terletak pada sisi setang kiri. 

Kopling Otomatis
Kopling ini biasanya disebut juga dengan kopling otomatis. Kopling sentrifugal tidak menggunakan gesekan antara dua plat kopling, namun menggunakan gesekan antard kampas kopling dan rumah kopling. Kampas kopling dapat menempel juga merenggang dengan rumah kopling secara otomatis sesuai dengan RPM mesin 

Kopling Ganda

Kopling ganda memiliki 2 kopling yaitu primer dan sekunder. Kopling primer merupakan kopling sentrifugal berada di poros engkol. Sedangkan kopling sekunder merupakan kopling manual yang berada di depan transmisi

KOMPONEN KOPLING MANUAL

CARA KERJA KOPLING MANUAL
Secara Ringkasnya Cara kerja kopling manual ini adalah dengan memanfaatkan gesekan antara dua plat kopling, saat kedua plat kopling terhubung maka putaran mesin bisa lanjut ke transmisi. Namun saat tuas kopling ditarik, maka kedua plat ini akan renggang otomatis putaran mesin akan terputus.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOPLING MANUAL
Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Manual ( Mekanis ) Kelebihan Kecepatan Lebih Maksimal Membantu Engine Brake Perpindahan Gigi Lebih Lembut Secara "Look" lebih Bergaya ( Terkesan Sangat Laki ) Kekurangan: Bagi Pemula ( Kopling Manual Sangat Tidaklah Mudah Tangan Kiri Lebih Pegal ( Apalagi Pas Jalan Macet/ Tidak Lancar) Perawatan Ekstra ( Banyak Kejadian Kabel Kopling Yang Putus Kampas Kopling Lebih Mudah Aus

KOMPONEN KOPLING OTOMATIS
CARA KERJA KOPLING OTOMATIS

Prinsip kerja kopling sentrifugal berbeda dengan kopling manual <opling sentrifugal tidak lagi menggunakan gesekan dua plat kopling, tapi menggunakan gesekan antara kampas kopling berbentuk seperti sepatu rem tromol dan rumah kopling yang bentuknya seperti tromol. Kampas kopling dapat menempel juga merenggang dengan rumah kopling secara otomatis sesuai RPM mesin. Mengapa bisa ? Sesuai namanya, sistem kopling ini menggunakan gaya sentrifugal. Saat kampas kopling berputar, gaya sentrifugal akan terbentuk, gaya ini akan menggerakan kampas kopling untuk ebih menekan rumah kopling. Sehingga saat RPM mesin naik (digas) kopling akan terhubung dan motor bisa jalan. Sistem kopling jenis ini diterapkan pada motor matic, lokasinya ada didekat axle roda belakang setelah unit CVT. Kopling ini akan memutuskan dan menyambungkan tenaga dari driven pulley CVT ke as roda

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOPLING OTOMATIS
Kelebihan .. Dari sisi penggunaan, Kopling tipe otomatis ( Pada motor matic ) Lebih Mudah digunakan, Karena tidak perlu adanya lagi perpindahan gigi yang harus dilakukan Berkendara di lalu lintas yang padat kopling tipe otomatis ( Pada motor matic ) akan lebih mudah digunakan Perpindahan Kecepatan lebih lembut dibandingkan tipe kopling yang lainya. Cocok digunakan untuk orang yang baru belajar mengendarai motor. Kekurangan: Biaya Perawatan Yang Lebih Mahal dibanding tipe kopling yang lainya. Secara umum Kopling jenis ini lebih unggul dibandingkar jenis kopling yang lainya karena tidak perlu menggunakan tuas pemindah gigi, Melainkan secara otomatis dengan cara menarik tuas handel gas. ( Semakin dalam anda menarik handle gas, maka semakin puka kecepatan yang dihasilkan ).

KOPLING GANDA
KOMPONEN KOPLING GANDA
CARA KERJA KOPLING GANDA
Sistem kopling ganda artinya, sistem ini memiliki dua unit kopling sekaligus. Sebuah kopling sentrifugal akan diletakan setelah poros engkol sebagai kopling primer, dan satu unit kopling manual akan diletakan didepan transmisi sebagai kopling sekunder Masing-masing unit memiliki fungsi masing-masing, kopling primer akan bertugas memutuskan tenaga mesin saat RPM rendah dan menyambungkan tenaga mesin ketika RPM naik (digas) secara otomatis. Sementara kopling sekunder berfungsi memutuskan tenaga ketika terjadi perpindahan gigi. Karena kedua fungsi ini, maka sepeda motor dengan kopling ganda tidak perlu tuas kopling meksi masih menggunakan sistem transmisi manual. Lalu si apa yang mengendalikan unit kopling sekunder? Ini adalah tugas tuas transmisi, ketika kita tekan tuas transmisi untuk memindahkan gigi secara tidak langsung kita juga menarik tuas kopling sekunder agar terputus. Ini karena tuas kopling sekunder dihubungkan dengan tuas/pedal transmisi.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN KOPLING GANDA
Kelebihan Dari sisi penggunaan, Kopling tipe ganda lebih mudah digunakan daripada kopling manual, karena tidak memerlukan handle kopling lagi untuk memisahkan putaran mesin. Secara penggunaan, tipe ini lebih mudah digunakan oleh orang awam karena tidak perlu tarik ulur kopling. Kita hanya perlu hidupkan mesin, masukan gigi lalu tarik gas. Membantu motor dalam engine brake ( Kondisi mesin dalam membantu pengereman dengan card menurunkan gigi secara spontan ) Kekurangan: Terasa tidak stabil apabila belum mahir dalam mengoperasikan motor yang menggunakan kopling jenis ini. Membuat kaki pegal, Karena harus mengoperasikan pedal persneling

Nantikan konten menarik lainnya 
OTOMOTIF
Join the conversation
Post a Comment