Bookmark Profile Translate Mode
Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Perbedaan motor 4 tak dan 2 tak

Perbedaan motor 4 tak dan 2 tak
nullkenali dulu prinsip Kerja nya bisa Anda simak berikut ini
PRINSIP KERJA MOTOR 2 TAK
1. Langkah hisap dan kompresi, terjadi ketika piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar masuk ke poros engkol dan dimampatkan pada langkah kompresi. Kedua tahap ini terjadi dalam satu langkah 

2. Langkah usaha dan buang, terjadi ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), pembakaran terjadi akibat busi memantik campuran udara dan bahan bakar dan hasil pembakaran langsung terbuang melalui katub outlet. Kedua tahap ini juga terjadi dalam 1 langkah.
PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK
1. langkah hisap. terjadi ketika katup inlet terbuka, piston bergerak dari titik mati atas (tma) ke titik mati bawah (tmb). hal ni menyebabkan tekanan di ruang bakar menjadi vakum sehinggd menyebabkan udara bisa masuk kedalam ruang bakar.

2. langkah kompresi, terjadi ketika katup inlet tertutup, piston bergerak dari titik mati bawah (tmb) ke titik mati atas (tma). proses ni menyebabkan campuran udara dan bahan bakar dimampatkar sehingga temperature meningkat akibat tekanan yang meningkat 

3. langkah usaha, terjadi setelah busi memantik api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga terjadi edakan diruang bakar. hal ini menyebabkan piston bergerak dar titik mati atas (tma) ke titik mati bawah (tmb) 

4. langkah buang, terjadi ketika katup outlet terbuka, piston bergerak dari titik mati bahwa (tmb) ke titik mati atas (tma). hal ini menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust

Perbedaan Mesin 2 Langkah (2 Tak ) 
Dalam 1 siklus pembakaran hanya membutuhkan 1 putaran mesin Memakai membrane sebagai pengganti klep/ valve. Tidak menggunakan noken as/camshaft Memiliki kompresi primer dan sekunder. Lebih responsif / akselerasi bagus Menggunakan oli samping yang tercampur dengan bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft.

Perbedaan Mesin 4 Langkah ( 4 Tak ) 
Dalam 1 siklus pembakaran membutuhkar emoutuhkan 2 putaran mesin. Menggunakan klep/valve Menggunakan noken as/camshaft. Hanya memiliki kompresi primer. Kurang responsif / akselerasi kurang dari pada mesin 2 tak Hanya menggunakan oli dan tidak tercampur oleh bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft.

Kelebihan Dan Kekurangan 
Motor 2 tak
KELEBIHAN: Motor 2 tak memiliki oli samping yang bisa menjadi pelumas pembakaran Jntuk oli mesin tidak harus sering di ganti karena sudah dibekali ol samping, tapi setiap 2 bulan sekali ya wajib diganti agar mesin motor awet. Memiliki putaran mesin nya cepat sehingga membuat motor nya menjadi cepat beda dengan motor 4 tak Selain memilikli putaran mesin yang cepat , motor 2 tak mempunyai tenaga /kekuatan mesin motor kuat ,powernya gede KEKURANGAN : Umumnya motor 2 tak untuk bahan bakarnya (bensin) lumayan agak boros Untuk perawatan sendiri lumayan agak banyak yang harus di perhatikan Bila anda lupa atau oli samping kering maka motor akan cepat rusak Selain itu motor 2 tak memiliki suara yang ribut/Bising.

MOTOR 4 Tak
KELEBIHAN: Lebih irit dari pada motor 2 tak. Mesin motor 4 tak memiliki suara yang halus beda sama motor 2 tak. Motor 4 tak memiliki hasil pembakaran tidak ngebul (ramah lingkungan) Untuk perawatan minim tidak seribet untuk motor 2 tak Umumnya memiliki suara knalpot yang tidak bising /nyaman saat dikendarai minim getaran pada mesin motor KEKURANGAN: Untuk kekurangan sendiri motor 4 tak umumnya yaitu pada putaran mesin yang sedang, sehingga membuat motor menjadi tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat , sedang sedang saja untuk laju kendaraannya , kalau motor 2 tak jelas memiliki tenaga power yang besar sehingga memiliki laju kecepatan yang lebih dari pada motor 4 tak

Nantikan konten menarik lainnya 
OTOMOTIF
Join the conversation
Post a Comment