Bookmark Profile Translate Mode
Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Jenis jenis sistem pendingin pada sepeda motor

Jenis jenis sistem pendingin pada sepeda motor
Umumnya Fungsi dari sistem pendingin adalah untuk dapat mencegah terjadinya engine overheat atau panas pada mesin. Apa itu engine overheat? Overheat ialah berupa kondisi yang mana pada temperature mesin melebihi batas wajarnya atau batas maksimumnya
Cara kerja dari sistem pendingin oli (oil cooling sistem), Prinsip kerjanya, saat mesin hidup oli akan bersirkukasi keseluruh bagian mesin. Namun sirkulasi ini akan dilewatkan pada komponen oil cooler. Oil cooler memiliki bentuk seperti radiator hanya saja biasanya memiliki ukuran lebih kecil. Fungsi oil cooler ini adalah untuk menyerap panas oli dan melepaskannya ke udara, Saat motor berjalan, akan timbul aliran udara dari depan menerpa oil cooler, sehingga panas dari oil cooler akan pindah ke udara bebas. Hal itu menyebabkan suhu mesin terjaga dari pelumasnya.
CONTOH MOTOR YANG MENGGUNAKAN SISTEM INI ADALAH LIHAT GAMBAR DIBAWAH INI
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 
Kelebihan: Bisa mencapai akselerasi dan power yang lebih tinggi dari motor dengan sistem pendinginan udara Durasi akselerasi dan power yang maximal lebih panjang dari motor dengan sistem pendinginan udara. Mempunyai perawatan yang mudah dan murah 

Kekurangan: Jika dipakai pada segala medan ada kekuatiran bocornya sirip-sirip pada alat pendinginan
Cara kerja dari sistem pendingin air (water cooling), Umumnya cara kerja dari sistem pendingin air pada motor memiliki sistem yang sama dengan sistem pendingin mobil. Dimana akan kita temui komponen seperti radiator selang, dan thermostat. Hanya saja, pada motor tidak dilengkapi dengan cooling fan. Hal itu dikarenakan letak radiator yang menerpa angin saat motor berjalan membuat proses pendinginan pisa berjalan tanpa bantuan kipas pendingin
CONTOH MOTOR YANG MENGGUNAKAN SISTEM INI ADALAH LIHAT GAMBAR DIBAWAH INI
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan : Bisa mencapai akselerasi dan power yang lebih tinggi dari motor dengan sistem pendinginan udara Durasi akselerasi dan power yang maximal lebih panjang dari motor dengan sistem pendinginan udara.
Kekurangan: Mempunyai perawatan yang rumit dan mahal. Jika dipakai pada segala medan ada kekuatiran bocornya sirip-sirip pada alat pendinginan.
Cara kerja dari sistem pendingin udara bertekanan tinggi (forced air cooling), Adalah udara disekitar akan dihisap oleh kipas pendingin. Udara ini kemudian dialirkan menuju sirip-sirip yang ada di sekitar mesin Dengan proses tersebut maka jumlah udara yang mengalir lebih banyak sehingga proses pendinginan lebih maksimal. Kipas blower akan menyala ketika mesin menyala, oleh karena itu walaupun kendaraan tidak berjalan mesin tetap mendapatkan udara untuk pendinginan.
CONTOH MOTOR YANG MENGGUNAKAN SISTEM INI ADALAH LIHAT GAMBAR DIBAWAH INI
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan: lebih mudah dalam perawatan (tidak memerlukan penggantiar berkala). Konstruksi mesin lebih ringkas Berat mesin lebih ringan dikarenakan hilangnya water jacket didalam mesin. 
Kekurangan: Hanya bisa digunakan pada kendaraan-kendaraan yang mempunyai cc yang kecil.
Cara kerja dari sistem pendingin udara (air cooling) Yakni dengan melakukan perpindahan panas dari <omponen mesin yang terbuat dari logam menuju udara luar ketika motor bergerak. Untuk mempercepat proses perpindahan panas, maka dibuatlah konstruksi blok silinder dan kepala silinder yang dilengkapi sirip udara. Sirip udara ini sebenarnya berfungsi untuk memperluas bidang interaksi panas. Sehingga semakin lebar luas penampang mesin yang yang berinteraksi maka semakin cepat pula perpindahan panasnya. Aliran udara ini akan menyerap panas dari sirip mesin. Karena sifat panas yang akan mengalir ke zat yang memiliki suhu lebih rendah. Sehingga proses pendinginan bisa berlangsung.
CONTOH MOTOR YANG MENGGUNAKAN SISTEM INI ADALAH LIHAT GAMBAR DIBAWAH INI
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan . Mempunyai perawatan yang mudah dan murah apat dipakai pada segala medan tanpa takut terjadi kerusakan 
Kekurangan: Tidak bisa mencapai akselerasi dan power yg tinggi. Durasinya pendek untuk akselerasi dan power yang maksimal.
OTOMOTIF
Join the conversation
Post a Comment