Bookmark Profile Translate Mode
Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Sistem bahan bakar pada mobil

Sistem bahan bakar pada mobil
Sistem Bahan Bakar minyak pada mobil serta komponen yang ada di dalam nya
Sambil ngopi yuk sama sama belajar
Coba bayangkan dulu ada karburator Dan ada injeksi  paling tidak sudah pernah dengar kan
Apa maksudnya sistem Bahan Bakar pada mobil
Sistem bahan bakar adalah suatu sistem yang terdapat pada mobil yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar secara aman Menyalurkan bahan bakar ke mesin dan mengkabutkan bahan bakar agar bercampur dengan udara. 
Secara umum sistem bahan bakar pada kendaraan sendiri ada dua macam. Yaitu:
1. Konvensional Karburator
2. Injeksi

Secara umum, mesin bahan bakar merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berfungsi menyimpan bahan bakar dan menyalurkannya ke seluruh bagian mesin. Selain itu, sistem ini pula yang kemudian mengabutkan bahan bakar supaya tercampur dengan udara. Dan lebih menariknya lagi, sistem tersebut mampu mengatur rasia antara bahan bakar dan udara pada beban dan kecepatan yang berbeda. Dengan demikian jumlah campuran yang disuplai antara udara dan pahan bakar akan selalu tepat meskipun beradd dalam kondisi yang berbeda.

KOMPONEN APA SAJA YANG ADA PADA SISTEM BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN 
Coba Perhatikan Pola Gambar Berikut ini
Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Konvensional Karburator
Pada saat mesin dihidupkan bahan bakar yang berupd bensin di dalam tangki bahan bakar dipompa menuju filter bahan bakar. Kemudian bahan bakar diteruskan menuju karburator agar bahan bakar dapat diatur jumlah dan rasio campuran antara bahan bakar dengan udara. Selanjutnya campuran tersebut disalurkan menuju ruang bakar melalui intake manifold. Campuran bahan bakar tersebut di dalam ruang bakar akan terbakar saat langkah akhir kompresi dengan adanya percikan bunga api dari busi pengapian, Pembakaran ini sering disebut pengapian busi (Spark lgnition). Sehingga kinerja mesin bensin juga dipengaruhi oleh kondisi kerja dari sistem pengapian

Cara Kerja Sistem Bahan Bakar EFI Elektronic Fuel Injection 
Cara kerja EFI ( Elektronic Fuel Injection ) cukup sederhana. Secara Singkatnya Bahan bakar dipompa melalui pompa bahan bakar dari tanki menuju delivery alve. Kemudian, ECM ( Engine Control Module ) akar membuka injector sehingga bahan bakar dapat keluar dari lubang noozle Namun..! Secara rinci, Cara kerja sistem EFI meliputi : 
1. Saat Kunci Kontak "on" 
2. Saat Engine Start dan Run 
3. Pada saat kecepatan idle


Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Bahan Bakar Konvensional Karburator
Kelebihan: Umumnya harga mobil yang menggunakan sistem bahan bakar konvensional (Karburator) lebih murah dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sistem EFI (Elektronic Fuel Injection) Jangkauan perjalanan yang relatif lebih jauh. Ketersediaan infrastruktur yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis sistem bahan bakar lainya. 

Kekurangan: Emisi Gas Buang berkontribusi pada polusi udara di sekitar. Biaya operasional yang relatif tinggi (Harga bahan bakar semakin naik

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Bahan Bakar Konvensional Injection 
Kelebihan .. Mesin lebih halus dibandingkan dengan mobil yang menggunakar sistem bahan bakar konvensional Karburator 
Lebih ramah lingkungan, Karena pembakaran pada mesin menjadi lebih sempurna Lebih irit, Karena ECM (Engine Control Mudule) akan mencegat pemakaian bahan bakar yang berlebih.

Kekurangan: Lebih sensitif, Karena komponen EF/ (Elektronic Fuel Injection) menggunakan rangkaian elektronika. Komponen seperti sensor ebih sensitif terhadap kondisi tertentu. Sehingga bisa berpengaruh pada sistem EFI. Perawatan Ekstra, Berbeda dengan karburator yang memiliki komponen yang mudah dipahami.

Nantikan konten menarik lainnya 
OTOMOTIF
Join the conversation
Post a Comment